Tingkatkan Kualitas Guru TK Damhil, Dosen BK FIP UNG Beri Pelatihan Layanan Bimbingan dan Konseling

Oleh: Mohamad Rizal Pautina . 15 Desember 2023 . 05:25:59

Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas guru di TK Damhil, dosen jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) memberikan pelatihan layanan BK, Jumat (15/12).

Pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat sekaligus pemateri pada pelatihan ini terdiri dari Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd, Prof. Dr. Maryam Rahim, M.Pd, Dr. Tuti Wantu, M.Pd, Kons, dan Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd.

Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd mengatakan, pelatihan ini mengangkat tema Bimbingan dan Konseling dalam Membantu Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Anak usia dini sedang mengalami perkembangan yang pesat dalam hal sosial emosional.

“Pendekatan bimbingan dan konseling yang tepat dapat membantu mereka dalam menghadapi perubahan emosi dan interaksi sosial yang terjadi dalam lingkungan sekolah dan keluarga”

“Anak usia dini juga berada dalam fase perkembangan yang krusial dalam hal sosial emosional, di mana mereka sedang belajar untuk mengelola emosi, berinteraksi dengan orang lain, dan memahami bagaimana berperilaku dalam lingkungan social,” ujar Meiske Puluhulawa.

Meiske Puluhulawa mengatakan, pendekatan bimbingan dan konseling yang tepat akan memainkan peran penting dalam membantu anak-anak menghadapi tantangan ini.

“Para tenaga pendidik dan pendukung di TK Damhil DWP UNG diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling yang berdaya guna bagi perkembangan sosial emosional anak usia dini”

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pendekatan yang holistik dan terpadu dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada anak usia dini,” ujarnya.

Lebih lanjut, sekretaris Jurusan BK FIP UNG yang saat ini sedang ijin belajar S3 Program Doktor Ilmu Pendidikan PPs UNG itu mengungkapkan, pemahaman tentang perkembangan anak usia dini yang diberikan ini mencakup teknik-teknik konseling yang sesuai dengan tingkat perkembangan mereka, serta strategi untuk membantu anak-anak mengatasi masalah sosial emosional yang mungkin mereka hadapi.

“Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi para pendidik dan tenaga pendukung di TK Damhil DWP Universitas Negeri Gorontalo. Mereka dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling yang efektif dan berdaya guna bagi perkembangan sosial emosional anak usia dini di lingkungan pendidikan mereka”

“Sebenarnya kegiatan ini juga terkait dengan mata kuliah Pengembangan BK di Sekolah yang ada di Pascasarjana S3 Pendidikan yang dosen pengampunya adalah ibu Prof. Wenny, Prof. Maryam, dan bu Tuti Wantu yang juga merupakan promotor dan co promotor saya di Pasca,” pungkasnya.

Agenda

26 - 27 April 2024

Asesmen Lapangan Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNG

Asesmen Lapangan Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNG oleh Asesor LAMDIK yaitu: (1) Prof. Dr. Abdul Saman., M.Pd dan (2) Prof. Dr. Dwi Yuwono Pujianto Sugiharto., M.Pd., Kons

24 - 26 Februari 2019

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling oleh BAN-PT