Tingkatkan Kemandirian Entrepreneurship, Tim KKN BK Latih Ibu-Ibu PKK Desa Tanah Putih Olah Hasil Laut

Oleh: Mohamad Rizal Pautina . 4 November 2022 . 11:12:33

Dalam rangka meningkatkan kemandirian entrepreneurship, tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Jurusn Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu pendidikan (FIP) dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Tanah Putih Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo melatih Ibu-Ibu PKK dalam mengolah hasil laut menjadi empek-empek, Jumat (04/11/2022).

Menurut ketua tim DPL KKN Tematik Dr. Tuti Wantu, M.Pd, Kons, pelatihan pembuatan empek-empek ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa KKN Desa Tanah Putih yang dibimbingnya bersama Nurul Maulida Alwi, S.Pd., M.Pd dan Permata Sari, M.Pd.

“Program KKN Tematik LPPM UNG Tahun 2022 ini berorientasi pada salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian dosen yang memprioritaskan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kemandirian entrepreneurship,” ujar Tuti Wantu. Tuti Wantu mengatakan, program Desa membangun mengajak masyarakat desa untuk mewujudkan peningkatan pembangunan desa, misalnya dalam bidang perekonomian dan kemandirian beriwarusaha masyarakat.

Hal tersebut menjadikan masyarakat memiliki motivasi dalam mewujudkan tujuan pembangunan yang lebih terarah untuk meningkatkan perekonomian desa, sehingga terlihat keunggulan dari program yang berhasil mendorong masyarakat khususnya ibu-ibu PKK dalam mencapai kesejahteraan ekonomi melalui program desa membangun.

“Jenis pelatihan ini layak dikembangkan dan menjadi potensi peningkatan produk usaha di desa karena ketersediaan bahan sangat mudah dijangkau dan mendukung upaya peningkatan kemandirian entrepreneurship bagi masyarakat khususnya ibu-ibu PKK di Desa Tanah Putih Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo yang memiliki nilai komersial dan tingkat kebutuhan tinggi dalam memenuhi pangan masyarakat sehingga bisa dipasarkan,” ucapnya.

Dirinya berharap, target akhir dari program KKN melalui pelatihan pengolahan hasil laut ini dapat mewujudkan peningkatan kemandirian entrepreneurship khususnya bagi ibu-ibu PKK Desa Tanah Putih. Kegiatan penyelenggaraan KKN Tematik desa membangun yang akan berperan sebagai wadah pelatihan dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

“Maka salah satu program yang strategis yang kami lakukan yaitu dalam bentuk kegiatan pembelajaran melalui pelatihan pembuatan empek-empek untuk meningkatkan kemandirian entrepreneurship bagi ibu-ibu PKK Desa Tanah Putih Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo,” tandasnya.

Agenda

26 - 27 April 2024

Asesmen Lapangan Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNG

Asesmen Lapangan Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNG oleh Asesor LAMDIK yaitu: (1) Prof. Dr. Abdul Saman., M.Pd dan (2) Prof. Dr. Dwi Yuwono Pujianto Sugiharto., M.Pd., Kons

24 - 26 Februari 2019

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling oleh BAN-PT