Mahasiswa BK FIP UNG Gelar Seminar Pendidikan "Implementasi Bimbingan Konseling di TK dan SD"

Oleh: Mohamad Rizal Pautina . 18 Desember 2023 . 05:28:31

Kamis (14/12/2023), bertempat di Aula Yiladia Rudis Wali Kota Gorontalo, mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sukses menggelar seminar pendidikan dengan tema “Implementasi Bimbingan Konseling di TK dan SD”.

Jumadi Mori Salam Tuasikal, S.Pd, M.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan proyek dari mata kuliah BK di TK dan SD yang diampunya, yang pelaksana kegiatannya sepenuhnya dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5 kelas A, B, dan D jurusan BK.

“Kegiatan ini bermaksud untuk mengetahui tentang pentingnya peran BK di sekolah TK dan SD. Selain itu, mahasiswa juga sudah melakukan kunjungan atau observasi di beberapa TK dan SD yang ada di Kota Gorontalo”

“Hadir sebagai narasumber ada ibu Asmin Halukoi S.Pd, M.Pd, beliau adalah Kepalah Sekolah TK Negeri Pembina, kemudian ada bapak Latif Giu S.Pd yang merupakan guru BK di SD Islam Al-Azhar 43 Gorontalo. Kegiatan ini dimoderatori oleh Niswatul Birra, sedangkan pesertanya adalah mahasiswa Jurusan BK angkatan 2022 dan 2023”

“Hasil kegiatan observasi mahasiswa di sekolah menunjukkan bahwa mereka mendapatkan pengetahuan dan informasi penting terkait bagaimana sudut pandang guru yang ada di sekolah TK dan SD terhadap guru BK dan data sekolah yang belum mempunyai guru BK,” ucapnya kepada Humas FIP UNG, Senin (18/12/2023).

Sementara itu, sekretaris panitia kegiatan seminar BK Devitriana Kansil mengatakan, sebelum diadakan kegiatan seminar, terlebih dahulu mereka melakukan kunjungan dan wawancara kepada kepala sekolah dan guru perwalian yang ada di SDN 79 Kota Tengah Kota Gorontalo.

“Di sekolah tersebut belum memiliki guru BK, guru-guru kelas yang masih menggantikan peran dari guru BK untuk menangani setiap murid-murid yang ada di kelasnya. Mereka sangat mengharapkan kalau di sekolahnya itu sudah ada guru BK”

“Ibu kepala sekolah mengatakan, walaupun murid-murid masih anak-anak atau masih terlalu dini dan mereka juga belum mengalami masalah yang besar seperti anak-anak di SMP dan SMA, tetapi peran guru BK di sekolah dasar tetaplah sangat penting”

“Guru BK dapat membantu membimbing dan membantu psikologi dari murid-murid serta diharapkan dapat memfasilitasi perkembangan mereka, sehingga mampu untuk mengaktualisasikan potensi dan bakat yang mereka miliki,” ujarnya.

Agenda

26 - 27 April 2024

Asesmen Lapangan Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNG

Asesmen Lapangan Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNG oleh Asesor LAMDIK yaitu: (1) Prof. Dr. Abdul Saman., M.Pd dan (2) Prof. Dr. Dwi Yuwono Pujianto Sugiharto., M.Pd., Kons

24 - 26 Februari 2019

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling oleh BAN-PT