Upgrade Kemampuan Basic English Mahasiswa, Jurusan BK FIP UNG Gagas Komunitas E-Lect Sebaya

Oleh: Mohamad Rizal Pautina . 27 Agustus 2021 . 10:00:00

Jumat, 6 Agustus 2021 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo mengadakan pembukaan kegiatan layanan bimbingan kelompok mengenai kemampuan basic english mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan selama enam kali pertemuan hingga tanggal 16 Agustus 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu kebutuhan aktual mahasiswa dan diadakan atas saran yang diberikan oleh ketua jurusan BK Salim Korompot S.Pd., M.Pd berkolaborasi dengan salah satu dosen BK Nurul Maulida Alwi, S.Pd., M.Pd yang berperan sebagai fasilitator kegiatan. Kegiatan diikuti oleh 15 orang mahasiswa jurusan BK angkatan 2019 dan 2020 yang telah terpilih dan bersedia untuk membangun komunitas yang disebut english lecture sebaya (E-Lect Sebaya).

Agenda dari setiap sesi kegiatan meliputi beberapa aspek, yaitu vocabulary mengenai pengenalan kosa kata, writing dan listening melalui musik dan teks audio visual, reading dan speaking  melalui teks audio visual. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk layanan bimbingan kelompok agar dapat mengetahui kemampuan basic english mahasiswa, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar tentang bahasa inggris. Hal ini membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan bahasa inggris dari basic karena untuk menguasai bahasa inggris secara aktif tentunya dimulai dari dasar terlebih dahulu.

Mahasiswa juga berlatih conversation dengan berbagai topik yang dikuasai. Model layanan yang diberikan tidak hanya klasikal daring melainkan juga kelompok. Bentuk kegiatan dari metode belajar yaitu share to share artinya para mahasiswa saling berbagi dan mengajar mengenai pemahaman mereka dari setiap aspek yang diketahui. Meskipun pada saat kegiatan diadakan berada pada situasi PPKM dan hanya sekali melaksanakan tatap muka yang diadakan di laboratorium BK, mahasiswa tetap semangat mengikuti kegiatan dan mencoba untuk merefleksikan setiap materi video yang diberikan oleh fasilitator.

Metode belajar yang dilakukan tidak hanya melalui hybrid learning tetapi juga ada kegiatan self study yaitu mahasiswa merefleksikan kembali materi video yang diberikan dan belajar mandiri pada waktu yang telah disepakati bersama. Hasil dari self study dan pertemuan tiap sesi yang telah dilakukan yaitu beberapa mahasiswa memberikan video testimoni atau mengisi lembar penilaian segera dari kegiatan belajar mereka. Luaran dari kegiatan ini yaitu berupa komunitas E-Lect Sebaya yang akan dikembangkan oleh mahasiswa dan fasilitator sesuai dengan struktur keanggotaan yang telah disepakati bersama.

Agenda

24 - 26 Februari 2019

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling oleh BAN-PT