TEMU KOLEGIAL KAPRODI BIMBINGAN DAN KONSELNG SE INDONESIA

Oleh: Mohamad Rizal Pautina, S.Pd, M.Pd . 28 April 2016 . 16:00:00

Gorontalo – April 2016. Suatu kebanggaan Provinsi Gorontalo khususnya Universitas Negeri Gorontalo menjadi tuan FIP-JIP di tahun 2015 yang dihadiri oleh ratusan pakar di bidang pendidikan. Hal serupa berlanjut di tahun 2016, mendapat kesempatan lagi menjadi tuan rumah dalam pelaksanan temu kolegial kaprodi BK se Indonesia. Prodi Bimbingan dan konseling siap menyongsong adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Bimbingan dan konseling adalah salah satu disiplin ilmu yang lebih ditekankan kepada perannya sebagai fasilitator kebutuhan dan kompetensi siswa di sekolah. Pembentukan watak yang menjadi tujuan pendidikan nasional akan dapat terwujud manakala layanan bimbingan dan konseling khususnya di sekolah dapat memainkan peran dan fungsinya dengan baik.

Program studi Bimbingan dan Konseling sebagai unit organisasi lembaga perguruan tinggi, memegang peran penting dalam membekali calon guru bimbingan dan konseling agar memiliki kemampuan kompetitif dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang baik dari MEA. Oleh sebab itu sangat diperlukan kesatuan persepsi dan tindakan dalam penyelenggaraan program studi bimbingan dan konseling.

Sebagai bentuk upaya pengembangan keilmuan bimbingan dan konseling menghadapi Masyarakat Ekomi Asean (MEA) dan penataan penyelenggaraan program studi bimbingan dan konseling tersebut, dengan ini pihak Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (BK FIP UNG) akan melaksanakan kegiatan “Temu Kolegial Kaprodi Bimbingan dan Konseling Se Indonesia” ungkap Dra. Maryam Rahim, M.Pd selaku Ketua Prodi BK se-Indonesia.

Kegiatan Pertemuan Kaprodi Bimbingan dan Konseling Se Indonesia akan diisi dengan kegiatan pembahasan isu-isu terkait dengan prodi Bimbingan dan Konseling, yang meliputi:

Hasil pertemuan kaprodi Bimbingan dan Konseling se-Indonesia pada Forum FIP-JIP se-Indonesia bulan September tahun 2015 di Universitas Negeri Gorontalo.Kurikulum prodi Bimbingan dan Konseling.Lulusan Pendidikan Profesi Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor (PPGBK/K).Kegiatan bertajuk “Temu Kolegial Kaprodi Bimbingan dan Konseling Se- Indonesia” dan mengangkat Tema Kegiatan “Pemantapan Posisi Prodi Bimbingan dan Konseling dalam Konteks Dinamika Kehidupan di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” akan dihadiri Kaprodi BK Se-Indonesia pada perguruan tinggi negeri dan swasta, yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 April - 02 Mei 2016 bertempat di Hotel Amaris Kota Gorontalo

Agenda

24 - 26 Februari 2019

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling oleh BAN-PT