Stadium General BK FIP UNG

Oleh: Mohamad Rizal Pautina . 25 Februari 2021 . 21:58:59

Jumat, 25 Februari 2021 jurusan bimbingan dan konseling FIP UNG melaksanakan kegiatan stadium general (kuliah umum) dengan tema "Guidance and Counseling in society 5.0". kegiatan tersebut menghadirkan 3 orang pakar bimbingan dan konseling dari negara Nigeria sebagai narasumber. para narasumber tersebut adalah:

1. Dr Grace I. Onongha (Head of Department Guidance and Counselling, Ipetu-Ijesha College of Education, Osun State University).

2. Dr. Moromoke Nimota Raji, ( full time Lecturer, Department of Guidance and Counselling, College of Education Ipetu-Ijesha Campus, Osun State University)

3. Dr Yejide O. Alebiosu (full time Lecturer, Department of Guidance and Counselling, College of Education, Ipetu-Ijesha Campus, Osun State University)

serta yang menjadi moderator pada kegiatan ini adalah Waode Eti Hardiyanti, S.Pd, M.Ed dosen Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) FIP UNG. Kegiatan tersebut diawali oleh pengantar kata ketua jurusan bimbingan dan konseling FIP UNG, Salim Korompot M.Pd. Beliau mengucapkan terimakasih kepada para peserta dan para narasumber yang sudah meluangkan waktu untuk hadir bersama-sama dalam kegiatan tersebut dan berharap kegiatan seperti ini akan terus berlanjut. kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Dekan FIP UNG, Dr. Arwildayanto, M.Pd. Beliau sangat mengapresiasi kegaiatan tersebut dan berharap akan ada kerjasama antara Bimbingan dan Konseling UNG dengan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Osun Nigeria.

acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka kegaiatan stadium general oleh wakil rektor UNG bidang IT dan kerjasama Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc. Beliau menyampaikan kegiatan ini merupakan awal hubungan UNG dengan Universitas Negeri Osun Nigeria, dan belaiu mengharapakan akan ada kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan kerjasama dengan universitas tersebut. selanjutnya narasumber memberikan materi yang diawali oleh Dr Grace I. Onongha. beliau menyampaikan materi yang berjudul Providing Guidance and Counseling During The Covid-19 Pandemic (Pelaksanaan Layanan BK selama masa Pandemi Covid-19). beliau menyampaiakan Konselor harus mendampingi murid dan orang tua selama masa pandemi. Konselor harus empati, dan menggunakan kata-kata yang sederhana serta memberikan dukungan dan informasi yang dibutuhkan. Konseling bisa juga dilakukan secara online untuk mencegah penularan.

narasumber selanjutnya adalah Dr. Moromoke Nimota Raji. beliau menyampaikan materi yang berjudul Guidance and Counseling and its implementation in schools and universities Nigeria (pelaksanaan layanan BK disekolah dan Universitas di Nigeria). beliau menyampaikan baik di sekolah maupun Universitas konselor berfungsi memberikan pendampingan kepada setiap murid/mahasiswa dengan cara memahami mereka dan mengembangkan potensi mereka yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. beliau juga menyampaikan, pekerjaan konselor akan sukses apabila mendapat dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak.

narasumber yang terakhir adalah Dr Yejide O. Alebiosu. beliau menyampaiakan materi yang berjudul policies and strategi of Nigerian Goverment Regarding The Implementation of Guidance and Counseling (in School, Universities and Society) (Kebijakan dan strategi pemerintah Nigeria mengenai pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah, universitas dan masyarakat). beliau menyampaikan Konselor harus mendorong kegiatan rujukan dan menjelaskan kepada guru tentang cara memanfaatkannya secara efektif. Namun, konselor harus membiasakan diri dengan lembaga rujukan yang sesuai yang dapat dimanfaatkan untuk mendampingi siswa.

kegiatan kuliah umum diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama. kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan dosen di lingkungan jurusan bimbingan dan konseling FIP UNG.

Agenda

24 - 26 Februari 2019

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling oleh BAN-PT