Jumpa Penasehat Akademik Online Oleh Jurusan BK FIP UNG

Oleh: Mohamad Rizal Pautina . 23 Oktober 2021 . 09:21:18

Kamis, (21/10/2021) Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNG, melaksanakan jumpa Penasehat Akademik Tahun Akademik 2021/2022 secara online. Kegiatan ini merupakan agenda rutin jurusan BK FIP UNG setiap tahun. Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, 16 dosen dan 202 mahasiswa dari total 387 orang mahasiswa yang terdaftar atau aktif pada Jurusan Bimbingan dan Konseling.

Ketua Jurusan BK Salim Korompot, S.Pd, M.Pd menyampaikan, Kegiatan ini adalah agenda yang sudah lama direncanakan, apa lagi bagi adik-adik mahasiswa angkatan 2020/2021 ini pasti belum pernah merasakan apa yang namanya jumpa PA secara luring, karena biasanya sebelum pandemi covid 19 ini, jumpa PA selalu di laksanakan di tempat-tempat wisata, sehingga terjadi keakraban dan terjalin suasana silaturrahim secara akademik antara dosen PA dengan mahasiswa.

Sementara itu dalam sambutannya Dekan FIP UNG Dr. Arwildayanto, M.Pd menjelaskan kegiatan jumpa PA ini sangat penting dilakukan, dan kami mengapresiasi kegiatan ini, karena kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang mesti dilaksanakan ditingkat Jurusan, agar mahasiswa betul-betul paham apa fungsi dari penasehat akademik, apa kewenanangan penasehat akademik, dan apa peran yang bisa didapatkan oleh seorang mahasiswa dari penasehat akademiknya.

Lebih lanjut Arwildayanto mengatakan, kadang-kadang mahasiswa itu sendiri yang tidak pernah memaksimalkan peran PAnya, contohnya dalam mengambil mata kuliah, mereka mengambil apa yang menjadi selera mereka sendiri, tidak bertanya kepada penasehat akademiknya apa yang baik, berapa jumlah sksnya, bagaimana mengatur jadwalnya, itu yang mesti harus dimaksimalkan diskusinya, jangan sampai ketika nanti nilainya sudah amburadul baru itu penasehat akademiknya yang ditanya atau ditemui.

Arwildayanto berharap semoga dalam pertemuan PA ini, mahasiswa dapat mendapatkan hal-hal yang bermanfaat dari penasehat akademiknya, karena peran penasehat akademik adalah termasuk dalam membantu dan mengarahkan serta memacu dan membimbing bagaimana kelancaran studi mahasiswa bimbingannya tersebut.

Agenda

24 - 26 Februari 2019

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling oleh BAN-PT