Dosen dan Mahasiswa BK FIP UNG Melaksanakan BAKOMAS di Desa Wonosari

Oleh: Mohamad Rizal Pautina . 16 Maret 2020 . 19:00:00

Jurusan Bimbingan Konseling (BK), Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali melaksanakan pengabdian masyarakat. Kali ini Dosen dan 75 orang mahasiswa BK melaksanakan Bakti Konseling Masyarakat (BAKOMAS) sebagai aplikasi mata kuliah konseling lintas budaya di Desa Bongo 3, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo.

Pengabdian ini berlangsung selama tiga hari, Jumat-Ahad (13-15/3/2020) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa BK tentang menghargai budaya dengan mempelajari ras, etnik atau budaya yang berbeda.

Hal ini sebagaimana disampaikan, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNG, Dr. Arwildayanto saat melepas pemberangkatan mahasiswa ke Wonosari, Jumat (13/3).

“Ini bagian dari aplikasi mata kuliah. Jadi selama ini hanya teori, nah kali ini mahasiswa akan mereka lihat langsung. Rumpun masyarakat yang hidup di sebuah desa tapi memiliki latar belakang suku yang berbeda. Ada yang dari orang Bali, orang Jawa dan beberapa suku selain Gorontalo,” ungkap Dr. Arwildayanto.

Menurutnya kegiatan ini juga bertujuan untuk melahirkan manusia yang memiliki toleransi yang tinggi.

Sementara itu, Dosen penanggung jawab, Dr. Tuti Wantu menerangkan konseling lintas budaya dilaksanakan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa. Agar menjadi guru BK yang profesional.

“Karena yang akan dihadapi ini bukan hanya satu suku. Tapi dengan berbagai macam suku. Diharapkan mahasiswa BK bisa menyelesaikan masalah dengan sesuai harapan dari budaya yang berbeda tersebut,” ujar Dr. Tuti Wantu.

Agenda

24 - 26 Februari 2019

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling oleh BAN-PT