Djaja Suparman Jadi Wisudawan Terbaik Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNG

Oleh: Mohamad Rizal Pautina . 26 September 2020 . 14:00:02

 

Sabtu, 26 September 2020, Djaja Suparman dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan terpilih menjadi wisudawan terbaik Program Sarjana pada Wisuda Periode September 2020 yang digelar dengan model Drive Thru. Bukan hanya berhasil lulus tepat waktu dengan IPK tinggi, Djaja juga tercatat memiliki sejumlah prestasi di sejumlah kompetisi tingkat nasional.

“kaget dan tidak menyangka ketika diumumkan sebagai Wisudawan Terbaik Program Sarjana pada upacara wisuda Periode September 2020 Universitas Negeri Gorontalo. Predikat ini dipersembahkan sepenuhnya untuk kedua orang tua yang telah berusaha dan mendoakan saya agar meraih kesuksesan. Selanjutnya para tenaga pendidik dan kependidikan Jurusan Bimbingan dan Konseling yang telah mengantarkan saya memperoleh gelar sarjana di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo,” ujar Djaja saat dihubungi usai pelaksanaan wisuda.

Dari berbagai kompetisi yang diikuti, ada sejumlah prestasi yang pernah ia raih. Di antaranya adalah menjadi Juara 2 lomba Esai Nasional Indonesia Bangkit Menulis Oleh International Research and Development For Human Beings Tahun 2017, Finalis lomba Konseling Kelompok dan Media Bimbingan dan Konseling oleh HIMA PBB UNY Tahun 2017, TOP 5 Duta Kampus UNG Tahun 2017, Runner Up 2 Duta GenRe Jalur Pendidikan oleh Forum GenRe Indonesia Gorontalo dan BkkbN Provinsi Gorontalo Tahun 2018, Finalis lomba esai nasional oleh HMJ BK UNG Tahun 2018, Juara 1 Lomba Debat se-Provinsi Gorontalo oleh IAIN Sultan Amai Gorontalo Tahun 2018, Mahasiswa Berprestasi FIP pada PILMAPRES UNG Tahun 2018, Juara 1 lomba esai nasional BIOLEAF oleh HMJ Biologi UIN Alauddin Makassar Tahun 2019.

“Saya selalu terinsipirasi dari senior dan para alumni khususnya dari Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNG yang mampu memberikan sumbangsih besar dan kebanggaan bagi almamater dan mampu membagi waktu antara kegiatan akademik, organisasi, kepanitiaan, lomba, dan lain lain,” ungkap pria asal Bulukumba, Sulawesi Selatan ini.

 Selain itu Djaja juga aktif mengikuti berbagai kegiatan dan lomba diantaranya adalah : Peserta pelatihan komputer dan internet oleh UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi UNG Tahun 2016, Peserta Lomba Bimbingan Kelompok Nasional oleh HMJ Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Surabaya Tahun 2017, Peserta cabang lomba Media BK pada Olimpiade Nasional Bimbingan dan Konseling Tahun 2017, Peserta lomba esai nasional GELORA BEM UNDIKSA Tahun 2017, Peserta Lomba Esai Tingkat Nasional Adikarya Negeri SIlaturahmi Akbar Mahasiswa Bidikmisi Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2018, Juri pada kegiatan ngoPIK-M oleh UKM PIK-M Palebohu UNG Tahun 2018, Moderator pada Millenials Discussion Seminar Become a successfull Person with IESQ Oleh LDF Al-Irsyad UNG Tahun 2019 Peserta lomba bisnis plan IDEAS Batch 6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM Tahun 2020.

Djaja sendiri selalu berusaha menikmati setiap tahapan atau proses selama kuliah. Tidak menjadikan proses itu sebagai beban. Selanjutnya, ia berusaha membagi waktu antara kegiatan akademik, organisasi, lomba, serta kegiatan lain yang mampu mengembangkan Skill.

 

“Semoga dari ilmu yang saya dapatkan selama kuliah di Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNG mampu diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan di masyarakat. harapnya.

 

Agenda

24 - 26 Februari 2019

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling oleh BAN-PT